Hari Ini Selasa Apa Dalam Kalender Jawa ?

kalender
Ilustrasi (Foto:Bich Tran)

KABARJAWA.COM – Kalender Jawa memasuki Selasa Pon, 2 Januari 2024, yang juga dikenal dengan sebutan Manis Budi. Pada hari ini, bertepatan dengan Pasaran Pon dan Jumadilakir 19, 1957 dalam Tahun Jimawal Windu Sancaya dan Wuku Wukir.

Weton kelahiran pada Selasa Pon memiliki neptu 10. Pemilik weton ini umumnya memiliki watak yang ramah, penuh kehati-hatian, dan waspada. Mereka memiliki pengaruh besar, sehingga banyak yang segan di sekitarnya. Walaupun bersikap baik kepada orang yang disukainya, mereka cenderung keras hati dan pencemburu.

Pengarasan pada weton ini adalah Aras Pepet, yang mencirikan keprihatinan dan kehidupan yang menderita. Mereka seringkali dihadapkan pada kekurangan, dan apa yang diinginkan sulit tercapai.

Pancasuda Satriya Wibawa: Pancasuda Satriya Wibawa memiliki arti dihormati orang karena kemuliaan dan keluhurannya. Wuku Wukir, yang melambangkan dewa Bathara Mahayêkti, memberikan karakter rendah hati. Simbol-simbol seperti gedhong yang memperlihatkan kekayaan, pohon nagasari yang tampan, dan burung manyar yang tak dapat dilebihi lainnya, memberikan gambaran tentang kepribadian dan nasib pemilik weton ini.

Gunung di tenggara selama Wuku Wukir berlangsung selama 7 hari, sebaiknya dihindari.

Pada Selasa Pon di Wuku ini, sangat baik untuk beraktivitas apa pun, termasuk bepergian, yang berpotensi mendatangkan rezeki dalam waktu yang relatif singkat.