Marc Marquez Bicara Soal Tantangan di MotoGP Spanyol 2024

Marc Marquez finis kedua di MotoGP Spanyol 2024.

KabarJawa.com — Pembalap andalan Tim Repsol Honda, Marc Marquez, mengungkapkan faktor penyebab kegagalannya meraih kemenangan di MotoGP Spanyol 2024. “The Baby Alien” -sebutan untuk Marc Marquez- menyoroti peningkatan suhu pada ban depan yang membuatnya mengalami kesulitan dalam akselerasi.

Dikutip dari sports.okezone.com, Meski memulai balapan dari posisi pole, Marc Marquez harus turun ke posisi keempat tidak lama setelah start karena disalip oleh Jorge Martin, Francesco Bagnaia, dan Marco Bezzecchi.

Namun, dengan pengalamannya yang telah meraih gelar juara dunia MotoGP sebanyak enam kali, Marc Marquez berhasil menyalip Bezzecchi dan berkompetisi ketat dengan Bagnaia untuk merebut posisi terdepan (Jorge Martin jatuh di lap ketiga saat memimpin balapan sebelumnya).

“Saya mencoba segalanya, memiliki kecepatan yang cukup, dan motornya terasa luar biasa saat saya menyalip Bezzecchi. Saya memiliki alur yang bagus. Kemudian, saat saya menyalip Pecco (Bagnaia), itu adalah momen untuk memenangkan balapan,” ujar Marc Marquez seperti dilansir dari Speedweek pada Senin (29/4/2024).

Meskipun Francesco Bagnaia mempertahankan posisi dengan agresif, Marc Marquez mengakui bahwa peningkatan suhu pada ban depan membuatnya kesulitan untuk memaksakan diri, sehingga ia harus mengakui keunggulan Pecco dalam memenangkan balapan di Spanyol untuk ketiga kalinya secara beruntun.

“Francesco Bagnaia bertahan dengan agresif namun secara fair. Setelah itu, saya tertinggal satu lap di belakangnya karena suhu ban depan meningkat dan tidak memungkinkan untuk mengerem dengan keras. Namun, saya juga terkejut dengan catatan waktu bagus yang berhasil ia capai di dua lap terakhir,” tegas Marc Marquez.

Saat ini, Marc Marquez menempati posisi keenam dalam klasemen sementara MotoGP 2024 dengan 60 poin, tertinggal 32 poin dari pemimpin klasemen, Jorge Martin.

Dengan masih tersisa 17 balapan (tanpa memperhitungkan sprint race), peluang Marc Marquez untuk meraih gelar juara MotoGP 2024 masih terbuka lebar. Jika berhasil menjadi juara lagi, Marc Marquez akan menyamai prestasi pembalap legendaris asal Italia, Valentino Rossi, dalam jumlah gelar yang diraihnya.