News  

Wisatawan di Kendal Meningkat, Target 600 Ribu Pengunjung Tahun 2022.

KabarJawa.com — Dalam rangka memajukan pariwisata, Pemerintah Kabupaten Kendal akan terus berkolaborasi dengan semua pihak, baik PHRI, pokdarwis, maupun para pegiat pariwisata.

Hal itu disampaikan Bupati Kendal Dico M Ganinduto pada Ngopi Bareng di objek wisata Omahe Opa, Kecamatan Patean, Minggu (20/3). 

Menurutnya, dengan berkembangnya pariwisata, tentunya lapangan pekerjaan akan terbuka luas bagi masyarakat Kendal.

“Kita akan terus berkolaborasi dengan semua pihak, baik penggerak maupun pegiat pariwisata di Kabupaten Kendal, dan mengintegrasikan antara pariwisata yang di kelola oleh pihak desa, swasta, maupun yang dikelola oleh Pemkab Kendal,” terang bupati.

Disampaikan, saat ini pihaknya fokus pada tiga pengembangan wisata, yaitu wisata agro, bahari, dan religi.

Terkait kondisi pariwisata saat ini, lanjut Dico, walaupun masih di tengah pandemi, pariwisata di Kendal sudah mengalami peningkatan. Hal itu dapat dilihat dari meningkatnya jumlah wisatawan yang berkunjung ke Kabupaten Kendal. Yakni, dari 420 ribu orang pengunjung pada 2020, kemudian meningkat menjadi 499 ribu orang pengunjung pada 2021. Dan pihaknya menargetkan sebanyak 600 ribu orang pengunjung pada 2022.

“Di tengah pandemi sudah mengalami peningkatan. Hal ini dikarenakan destinasi sudah mulai berkembang. Jadi kita optimis, ketika nanti pandemi selesai, pariwisata di Kabupaten Kendal bisa lebih maju,” imbuhnya.

Untuk itu, pihaknya akan memfokuskan pembenahan pada infrastruktur menuju destinasi pariwisata, dan mendukung para pelaku usaha, sehingga akan lebih banyak lagi wisatawan yang berkunjung di Kabupaten Kendal.

Pada kesempatan itu, juga diserahkan hadiah lomba Ngegombal Bupati Kendal yang diselenggarakan oleh Jurnalis Kendal (Jurnal), kepada tiga orang pemenang.