News  

Wapres Resmi Buka Jateng Halal Fair: Tingkatkan Keuangan Syariah

KabarJawa.com — Wakil Presiden RI, Ma'ruf Amin, membuka Jateng Halal Fair 2023  di Alun-Alun Masjid Kauman Jawa Tengah, Senin, 3 April 2023. Ma’ruf berharap acara tersebut dapat meningkatkan literasi masyarakat terhadap ekonomi dan keuangan syariah pasalnya dari survei Bank Indonesia tahun 2022, indeks literasi ekonomi dan keuangan syariah nasional baru mencapai 23,3 persen. 

“Masih diperlukan kerja keras literasi masyarakt baik melalui edukasi akademik, sosialisasi dan kolaborasi berabgai pihak dibarengi dengan pemanfaatan teknologi digital,” kata Ma’ruf Amin.

Menurut Ma’ruf  potensi potensi ekonomi Jateng cukup besar. Beberapa di antaranya yakni pada sektor keuangan syariah BPD Jateng telah memiliki unit usaha ekonomi syariah.  

Ma’ruf berharap agar ke depan Pemprov Jateng dapat memiliki perbankan syariah yang mandiri terpisah dari perbankan induknya.  

“Potensi lain yang dapat digali adalah penerbitan Sukuk Daerah dan KPBU Syariah untuk pembiayaan pembangunan daerah, mengingat besarnya skala ekonomi Provinsi Jawa Tengah,” katanya.

Menurut Ma’ruf potensi pengembangan zakat dan wakaf juga cukup besar. Potensi tersebut diharapkan dapat dijalankan dengan kolaborasi Komite Daerah Ekonomi dan Keuangan Syariah (KDEKS), Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS), Badan Wakaf Indonesia (BWI) dan Lembaga Amil Zakat.

Tujuannya agar semakin mensukseskan berbagai program yang ada, seperti zakat untuk penanganan kemiskinan ekstrim dan pemberdayaan usaha mikro kecil, maupun peningkatan partisipasi wakaf uang dan pengembangan wakaf produktif. 

Ma’ruf juga mengapresiasi Provinsi Jateng yang menjadi pionir keberadaan Rumah Sakit Syariah yang dimiliki oleh Rumah Sakit Sultan Agung dan Rumah Sakit PKU Muhammadiyah. 

 “Sebenarnya banyak lagi potensi yang dikembangkan seperti kawasan industri halal, pariwisata ramah muslim, zona kuliner aman dan sehat dan program program lainnya,” katanya

Di samping itu Ma’ruf menilai dengan terbentuknya Komite Daerah Ekonomi dan Keuangan Syariah (KDEKS) Jateng yang dipimpin oleh Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo dapat mencerminkan komitmen untuk lebih mendorong lagi percepatan pengembangan ekonomi dan keuangan syariah di Jawa Tengah. Sehingga pada gilirannya akan berdampak baik bagi ekonomi dan keuangan syariah tanah air.

"Saya harap kegiatan Jateng Halal Fair dapat berkelanjutan dan menjadi bagian penting untuk mewujudkan Indonesia sebagai Pusat Produsen Produk Halal Dunia pada tahun 2024," kata Wapres.

Wakil Gubernur Jawa Tengah, Taj Yasin Maimoen, juga serupa untuk mengajak masyarakat agar dapat meningkatkan kesadaran mengenai produk halal. Pasalnya produk halal menjadi sangat penting dalam kehidupan sehari-hari terutama ketika memilih produk dan jasa jasa yang dikonsumsi masyarakat.

“Pameran produk halal ini menjadi sarana yang sangat baik untuk memperkenalkan produk produk halal terbaik dari berbagai pelaku usaha UMKM yang ada di Jawa Tengah,” katanya

Untuk dapat menggenjot potensi ekonomi syariah di Jawa Tengah, berbagai upaya koordinasi juga mesti terus ditingkatkan. Oleh karena itu, Jateng Halal Fair 2023 menjadi salah satu kesempatan bagi pihak-pihak terkait dapat saling bertemu dan berkoordinasi. 

Lebih lagi, Taj Yasin menjelaskan Jateng Halal Fair ini juga merupakan platform ideal dari berbagai pelaku usaha untuk mempromosikan produk berbasis syariah, serta jangkauan ke komunitas masyarakat yang lebih luas. 

"Semoga acara ini juga dapat menjadi langkah awal bagi kolaborasi yang lebih erat antara perusahaan, pemerintah, dan masyarakat dalam memajukan industri halal di Indonesia," imbuhnya.

#makintahuindonesia