News  

Pilkada Serentak 2024: Ajakan Partisipasi Warga Purbalingga dalam Pemilihan Kepala Daerah

Foto: Humas Pemprov Jateng

KabarJawa.com — Masyarakat Purbalingga didorong untuk aktif berpartisipasi dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Purbalingga yang dijadwalkan pada tanggal 27 November 2024. Ajakan ini disampaikan dalam acara resmi Peluncuran Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Purbalingga Tahun 2024 yang diadakan di halaman GOR Goentoer Darjono Purbalingga pada Sabtu (5/5/24).

Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Suroto, yang menyampaikan ajakan tersebut menyatakan harapannya agar pemimpin yang terpilih mampu membawa kemajuan bagi Purbalingga dan Jawa Tengah secara keseluruhan. “Kita perlu bersama-sama memastikan bahwa pemilihan berjalan sukses, aman, dan damai dengan tingkat partisipasi yang tinggi,” ujarnya.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Purbalingga, Zamaahsari Ramzah, menjelaskan bahwa Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) akan dilaksanakan serentak di 37 dari 38 provinsi di Indonesia dan 508 dari 514 kabupaten/kota yang ada di Tanah Air.

“Kami berharap partisipasi pemilih di Purbalingga meningkat, mengingat pada Pilkada 2020, partisipasi meningkat tajam sebesar 13,20 persen, dari sebelumnya 60,06 persen menjadi 73,26 persen,” ungkap Zamaahsari.

Menurut Zamaahsari, pendaftaran Calon Bupati dan Wakil Bupati Purbalingga akan dibuka mulai tanggal 27 hingga 29 Agustus mendatang. “Masa kampanye akan dimulai pada bulan September (25 September – 23 November 2024),” tambahnya.

Zamaahsari juga menyatakan bahwa KPU masih dalam proses persiapan, termasuk pembentukan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS). “Bagi yang berminat menjadi penyelenggara pemilu di desa, silakan mendaftar hingga tanggal 8 Mei 2024,” tutupnya.