News  

Persediaan Kepokmas Jelang Nataru di Kabupaten Semarang Mencukupi

KabarJawa.com — Kondisi persediaan kebutuhan pokok masyarakat (Kepokmas) di Kabupaten Semarang menjelang perayaan Hari Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 (Nataru), dipastikan aman.

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Koperasi UKM Perindustrian Perdagangan (Diskumperindag) Heru Cahyono pada rakor Ekuinda menjelang Hari Natal dan Tahun Baru 2023, di Gedung Cipto Mangunkusumo, Komplek Balai Bahasa Jawa Tengah, Selasa (20/12).

Menurutnya, enam jenis Kepokmas, yakni beras, minyak goreng, gula pasir, tepung terigu, telur, dan daging dipastikan tersedia cukup di pasaran. Selain itu, harga komoditas terhitung stabil.

“Stok pangan relatif aman dengan harga yang stabil. Kenaikan harga masih wajar,” ungkapnya.

Menurutnya, harga beras jenis C4 relatif stabil di kisaran Rp12 ribu. Minyak goreng curah mengalami sedikit kenaikan, menjadi Rp15.300 per liter. Gula pasir curah stabil di harga Rp13.500 per kilogram, dan tepung terigu di harga Rp12.500 per kilogram.

Sedangkan untuk harga daging sapi, lanjutnya, juga tak beranjak dari Rp135 ribu per kilogram, daging ayam kampung Rp87 ribu per kilogram. Disampaikan, pihaknya akan terus melakukan pengawasan ketersediaan dan harga kepokmas di pasar-pasar tradisional.

Sementara itu, Wakil Bupati Basari menyampaikan, agar instansi terkait untuk bergerak cepat menyelesaikan segala persoalan jelang perayaan Nataru. Sehingga, kenyamanan dan keamanan warga yang merayakan dapat terjamin.

Kapolres Semarang melalui Kabagops Kompol Agung Yudiawan memaparkan, rencana pengamanan perayaan Hari Natal dan Tahun Baru 2023.

Dijelaskan, pihaknya akan menempatkan 162 personel di 11 pos pengamanan, yang tersebar di gereja, terminal, tempat wisata, rest area jalan tol, dan pos perbatasan.

Selain itu, lanjutnya, juga disiapkan 229 personel Polres yang bersiaga jika diperlukan. Pengamanan itu didukung juga oleh personel TNI, Dishub, Satpol PP, BPBD, dan lainnya.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Semarang Dwi Syaiful Nur Hidayat mengatakan, pihaknya telah menyiapkan 95 mobil ambulans Bersatu selama perayaan Nataru, 23 Desember 2022 hingga 2 Januari 2023.