News  

Peluncuran KabarJawa.com, Menyasar Masyarakat di Jateng, Jatim dan DIY 

KabarJawa.com —- Media KabarJawa.com resmi diluncurkan  pada 29 Maret 2022 dengan kantor pusat di Semarang, Jawa Tengah. Portal berita ini menyasar publik di 3 provinsi yaitu Jawa Tengah, Daerah Istimewa Yogyakarta dan Jawa Timur.    

Peluncuran portal berita ini ditandai dengan webinar Strategi UMKM Menembus Pasar Digital secara daring maupun luring. Narasumber yang hadir adalah Wakil Walikota Semarang Hevearita G. Rahayu, Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Jawa Tengah Ema Rachmawati, Manajer Pemasaran PT BPR BKK Jateng  Susanto,  Creative Director Dhievine Batik Widya Andhika dan Direktur KabarJawa, Bayu Wardhana. Sebagai moderator acara adalah Ketua AMSI Jawa Tengah Nur Kholis . 

Dalam diskusi ini, Hevearita G. Rahayu menegaskan komitemen pemerintah kota Semarang dalam memberikan pendampingan pada UMKM. 

“Saat ini teknologi digital sudah sangat maju, sehingga UMKM bisa memanfaatkan ini dengan meletakkan produk di marketplace, media sosial. Ini bisa meningkatkan pendapatan yang signifikan bagi UMKM, “kata Mbak Ita (panggilan Hevearita G. Rahayu)

Dalam paparannya, Ema Rachamawati menerangkan program-program yang dimiliki provinsi Jawa Tengah untuk membantu para UMKM. Program berupa pelatihan tentang kemasan, perijinan sampai soal sertifikasi. Sementara itu Susanto menjelaskan rencana PT BPR BKK Jateng yang merupakan BUMD untuk membantu kredit atau pembiayaan bagi para UMKM. 

Widya Andhika membagikan pengalamannya bagaimana membangun usaha batiknya hingga sekarang mempunyai pasar ke luar negeri. Semangat pantang menyerah dan mau mencoba menjadi salah satu kunci. Bayu Wardhana mempertegas komitmen media KabarJawa.com yang hadir untuk memberi manfaat bagi masyarakat, dengan salah satunya mengangkat kisah-kisah inspiratif dari UMKM. 

“Banyak UMKM di Jawa Tengah, Yogyakarta dan Jawa Timur yang sukses, namun lebih banyak lagi UMKM yang sedang merintis usaha. Di sini kami (KabarJawa.com) hadir dari sisi pemberitaan, dengan harapan makin banyak UMKM yang sukses,” ujar Bayu Wardhana.

KabarJawa.com sendiri adalah bagian dari  KabarGrupIndonesia (KGI) Network yang berpusat di Makasar. Grup media ini mempunyai beberapa media online seperti KabarMakassar.com, KabarJakarta.com, KabarBugis.com. 

“KabarJawa.com ini adalah bagian dari rencana bisnis kami (KGI Network), yang nanti akan menjadi head of content grup kami dengan pusat di Semarang,”kata Upi Asmaradhana, CEO Kabar Grup Indonesia, yang juga hadir saat peluncuran KabarJawa.com