News  

Pedagang Kambing Kurban di Bantul Ini Pakai Jasa SPG Buat Gaet Pembeli

SPG saat menawarkan kambing kurban di Godegan RT 10, Tamantirto, Kasihan, Bantul - Harian Jogja/Jumali

KabarJawa.com — Dalam usaha menarik minat calon pembeli, Adi Karnadi, 31 tahun, menggunakan strategi unik dengan memanfaatkan sales promotion girl (SPG) untuk menjual kambing kurban di Godegan RT 10, Tamantirto, Kasihan, Bantul.

Adi mengungkapkan bahwa dia sengaja menggandeng tiga SPG, yakni Riris, Kiki, dan Rahma, yang memiliki penampilan menarik dan kemampuan komunikasi yang baik, untuk membantu penjualan kambing kurban di tempatnya. Tujuannya adalah agar para SPG tersebut dapat menarik perhatian calon pembeli dengan lebih mudah.

“Harapannya, ketiga orang SPG dengan penampilan menarik dan kemampuan berkomunikasi yang baik akan dapat meningkatkan omzet penjualan di tempat saya,” ujar Adi, Minggu (12/5/2024) sore.

Dikutip dari jogjapolitan.harianjogja.com,  Menurut Adi, ide untuk menggunakan SPG baru muncul pada tahun ini. Sebelumnya, Adi belum pernah menggunakan strategi ini dalam penjualan hewan kurban. Sebagai hasilnya, pada tahun sebelumnya, dia hanya berhasil menjual 130 ekor kambing sebelum hari raya Iduladha.

“Dengan bantuan SPG, alhamdulillah, saat ini sudah ada 160 ekor kambing yang terjual dan dipesan,” tambah Adi.

Adi menjelaskan bahwa untuk memastikan kualitas kambing yang dijualnya, dia memberikan pakan berupa rumput hijau, komboran dari kulit kedelai, ampas tahu, hingga bekatul. Selain itu, semua kambing yang dijual telah dinyatakan sehat oleh petugas puskesmas hewan terdekat.

Mengenai harga, Adi menjelaskan bahwa harga kambing bervariasi tergantung pada ukurannya, mulai dari Rp2,5 juta hingga Rp7 juta. Namun, kebanyakan pembeli memilih kambing dengan harga Rp2,5 juta hingga Rp3,5 juta.

Adi juga menyatakan bahwa calon pembeli dapat menghubungi nomor ponselnya untuk memesan kambing. Para pembeli yang datang langsung akan diberikan penjelasan oleh tiga SPG di lokasi penjualan.

“Nanti kambing akan kami antarkan ke lokasi pembeli, dan pembeli juga akan mendapatkan sate kambing gratis di warung makan saya,” tambah Adi, pemilik warung sate kambing Mutiara Eva.

Salah satu dari SPG, Riris, mengaku awalnya terkejut ketika mendapat tawaran dari Adi Karnadi untuk menjual kambing. Namun, dia akhirnya menerima tantangan tersebut dan melihatnya sebagai pengalaman baru.

“Hitung-hitung nambah pengalaman juga. Apalagi ini barang hidup, jadi harus lebih telaten dan sabar,” ujar Riris.