News  

Meningkatkan Literasi Digital: Roadshow Pekalongan Sasar Orang Tua dan Siswa

Ketua Relawan TIK Kota Pekalongan, Rifqi Maulana, menyampaikan pentingnya edukasi tersebut pada acara roadshow Relawan TIK Goes to School di KB Masyitoh Landungsari.

KabarJawa.com — Di tengah era digital yang semakin meresap ke dalam kehidupan sehari-hari, kesadaran orang tua tentang pentingnya mengelola teknologi dengan bijak untuk pendidikan anak semakin mendesak. Salah satu upaya untuk membantu orang tua dalam hal ini adalah melalui penggunaan aplikasi kendali orang tua (parental control) yang memungkinkan mereka untuk memantau dan mengelola aktivitas anak saat berada dalam ranah digital.

Menyikapi hal ini, Ketua Relawan TIK Kota Pekalongan, Rifqi Maulana, menyampaikan pentingnya edukasi tersebut pada acara roadshow Relawan TIK Goes to School di KB Masyitoh Landungsari. Acara ini merupakan bagian dari inisiatif Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo) Kota Pekalongan yang akan mencakup 10 lembaga PAUD/TK di Kota Pekalongan.

“Sasaran kami adalah memberikan edukasi kepada orang tua tentang cara mengasuh anak di era digital agar pola asuh mereka menjadi lebih efektif,” ungkap Rifqi.

Ia juga menekankan beberapa contoh pola asuh yang dapat diterapkan, seperti memberlakukan aturan penggunaan perangkat digital yang berlaku untuk anak dan orang tua, serta menggunakan aplikasi seperti Google Family Link untuk memantau aktivitas anak di dunia digital.

“Dengan ini, orang tua dapat memantau aktivitas anak, termasuk lamanya waktu bermain dan aplikasi apa saja yang diakses,” tambahnya.

Rifqi juga menyoroti pentingnya orang tua memiliki akun media sosial yang sama dengan anak mereka untuk memantau interaksi anak di platform tersebut.

Tidak hanya orang tua, program literasi digital juga ditujukan kepada anak-anak melalui permainan “Ular Tangga Internet Sehat”, yang bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada mereka tentang perilaku yang aman dan sehat dalam menggunakan teknologi.

“Dengan meningkatkan literasi digital di kalangan masyarakat, kami berharap dapat berkontribusi pada peningkatan indeks literasi secara nasional,” tandasnya.

Sementara itu, Kepala KB Masyitoh menyambut baik kegiatan ini, berharap orang tua dapat menerapkan pengetahuan yang didapat untuk memberikan pendampingan dan pengawasan yang lebih baik terhadap anak-anak.

Sebagai salah satu peserta, Laila Nur Komariyah mengaku mendapatkan tambahan pengetahuan tentang aplikasi parental control yang dapat membantu memantau aktivitas anak di dunia maya.

“Kegiatan ini memberikan wawasan baru bagi saya untuk menerapkan batasan yang sesuai untuk kebutuhan anak usia dini,” tuturnya.