News  

Kolaborasi Kadin-Telkom Dorong UMKM Wonosobo Go International

KabarJawa.com — Para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Wonosobo diminta untuk memanfaatkan teknologi digital dalam pengembangan bisnisnya. 

Bupati Wonosobo Afif Nurhidayat mengatakan dengan begitu peluang mereka untuk menembus pasar internasional alias go international terbuka lebar.

Afif menambahkan, upaya transformasi digital demi memajukan UMKM tersebut dapat dilakukan secara kolaboratif, seperti yang dilakukan oleh Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Wonosobo dengan PT Telkom Indonesia.

“Saya berterimakasih, atas terjalinnya kolaborasi yang dilakukan Kadin Wonosobo dengan Telkom Indonesia demi kemajuan UMKM di Wonosobo,” katanya.

Menurutnya, pemanfaatan aplikasi dan sistem informasi pemasaran digital menjadi solusi strategis dalam menjangkau pasar yang lebih luas, terlebih didukung dengan administrasi keuangan yang lebih tertata.

Sementara itu, Ketua Kadin Wonosobo Dwi Sukatman, menyampaikan, pihaknya akan terus berkolaborasi dengan pemerintah dan pemangku kepentingan (stakeholders) lainnya guna mewujudkan UMKM yang adaptif terhadap perkembangan teknologi dan informasi yang semakin pesat.

Menurutnya, dari 94 ribu UMKM di Indonesia, hanya 14 persen yang telah menerapkan digitalisasi sektor usaha. Hal itu disebabkan oleh permasalahan kompetensi, permodalan yang rendah. Karenanya, pihaknya berkomitmen memberikan pendampingan terhadap UMKM di Wonosobo, menuju market place yang lebih besar daripada saat ini.

“Kami akan menggenjot capaian angka tersebut untuk UMKM Wonosobo menuju go modern, go digital, dan go public,” jelasnya.