News  

Kasus COVID-19 di Surabaya Melandai, Vaksinasi Tetap Gencar

KabarJawa.com — Kasus COVID-19 di Surabaya terus melandai hingga pada saat ini tim Vaksinasi tetap Gencar dilakukan, seperti halnya Puskesmas Wonokusumo, Surabaya, terus gencar lakukan vaksinasi yang menerjunkn langsung timnya mengunjungi tempat tinggal rumah warga

Ketua Upaya kesehatan Masyarakat dan koordinator Keperawatan Kesehatan Masyarakat Puskesmas Wonokusumo, Matlilla menjelaskan bahwa hari ini dilakukan terhadap warga di sekitaran RW 15 RT 4 Bulak Jaya wonokusumo dan pihaknya akan menargetkan 100 warga

"Kegiatan vaksinasi jemput bola Puskesmas Wonokusumo dilakukan terhadap warga di RW 15 RT 4 Bulak Jaya, Kelurahan Wonokusumo, Kecamatan Semampir," kata Matlilla dikutip Kumparan.comRabu (8/12).

"Ini vaksinasi dosis pertama dan kedua. Kita dibantu Pak RW untuk mendatangkan warga, tapi ya tidak banyak yang datang. Tidak sesuai target," keluh Matlilla dikutip Kumparan.com

Usut punya usut, seperti dituturkan Matlilla, jika warga yang menolak vaksinasi lantaran masih takut. Mereka mengaku takut akan efek yang ditimbulkan usai suntik vaksin.

Matlilla menyayangkan sikap warga yang menolak ikut vaksin. Pasalnya, vaksin menjadi salah satu upaya pencegahan penularan COVID-19. Apalagi saat ini ada varian baru COVID-19 yang mengintai, yakni Omicron.

"Diperlukan adanya kerjasama lintas sektoral dan pemahaman bersama terutama terus melakukan edukasi pada warga, agar warga dengan sukarela mau divaksin," tukas Matlilla.

Sementara itu, berdasarkan data Satgas COVID-19 Jatim, per Rabu (8/12), kasus aktif COVID-19 di Surabaya saat ini tersisa 7 orang. Angka ini menurun dari sehari sebelumnya yang terdapat 11 kasus aktif COVID-19 di Kota Pahlawan.