News  

Jenazah Eril, Anak Ridwan Kamil Ditemukan

KabarJawa.com — Jenazah putra sulung Gubernur Jawa Barat Emmeril Khan Mumtadz alias Eril ditemukan setelah tenggelam di Sungai Aare, Swiss. Jenazah Eril ditemukan di Bendungan Engehalde.

“Pada hari Rabu, 8 Juni 2022, sesaat sebelum pukul 06.50, polisi wilayah Bern melaporkan bahwa ditemukan seorang pria tak bernyawa tergeletak di air Bendungan Engehalde di Bern,” demikian laporan keterangan Polisi Bern, Kamis (9/6/2022).

Polisi melakukan pemeriksaan forensik terhadap jasad yang ditemukan itu. Hasilnya dipastikan itu adalah jasad Eril yang hilang sejak Kamis, 26 Mei 2022.

“Dari pemeriksaan forensik yang dilakukan, diketahui bahwa korban adalah Warga Negara Indonesia yang hilang di Aare sejak Kamis, 26 Mei 2022. Lelaki berusia 22 tahun itu berenang di sungai dan mengalami keadaan darutat. Dia tenggelam akibat kecelakaan ini,” lanjut keterangan Polisi Bern.

Kronologi penemuan jenazah Eril

Kronologi penemuan jasadnya Eril disampaikan oleh Duta Besar (Dubes) Republik Indonesia Muliaman Darmansyah Hahad di Swiss melalui siaran pers via zoom, Kamis (9/6/2022).

Berikut kronologi ditemukannya jasad Eril:

Rabu 8 Juni 2022

– Pukul 06.50 waktu Swiss (11.50 WIB) Kepolisian Bern menemukan jenazah yang diduga adalah Eril

– Kepolisian Bern menyampaikan informasi ke pihak KBRI dan keluarga Ridwan Kamil di Swiss

– Tim forensik kepolisian mengidentifikasi dan penelusuran DNA untuk memastikan jasad itu adalah Eril

Kamis, 9 Juni 2022

– Siang waktu Swiss, Polisi Bern mengonfirmasi bahwa berdasarkan DNA jenazah yang ditemukan tersebut adalah jenazahnya Emmeril Kahn Mumtadz alias Eril, putra sulung Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

– Pukul 13.45 waktu setempat, Polisi Bern merilis keterangan resmi soal penemuan jenazah Eril

– Pihak kepolisian setempat menyampaikan berkas ke pengadilan untuk serah terima jenazah Eril ke keluarga Ridwan Kamil

– Siang hari, pihak pengadilan memberikan kewenangan bagi keluarga untuk menerima jenazah Eril.

“Untuk selanjutnya, KBRI di Bern akan mendampingi keluarga Bapak Ridwan Kamil dalam pengurusan repatriasi ananda Eril ke Tanah Air,” jelas Duber RI di Swiss, Muliaman Darmansyah Hadad.