News  

Gubernur Ridwan Kamil Ajak Guru dan Pelajar Terdepan Tanggulangi Tawuran

KabarJawa.com —  Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengajak guru dan pelajar menjadi yang terdepan dalam menanggulangi potensi kerusuhan antar pelajar, yang disampaikan langsung di SMKN 2 Kota Bekasi, Rabu (29/03).

Kerusuhan yang terjadi antar pelajar diantaranya dari ujaran kebencian dan ajakan di media sosial.

Dikutip dari laman resmi Portal Jabar, Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, berharap guru dan pelajar menggunakan media sosial di gawai dengan kegiatan yang positif.

"Saya hadir menyemangati SMK/SMA se-Kota Bekasi tentang pendidikan yang berubah di era digital menjadi positif karena banyak sisi positif. Namun digital bisa menjadi buruk karena sisi gelapnya, salah satunya ajakan-ajakan tawuran yang mengemuka melalui media sosial," ungkapnya.

Pada kesempatan itu, Ridwan Kamil menyampaikan pentingnya senantiasa saling melindungi dengan menjadi agent of change dalam kerusuhan yang terjadi saat ini.

"Saya sampaikan agar kita selalu melindungi murid-murid di sini, dan juga siswa se-Bekasi harus terdepan memadamkan potensi-potensi negatif kerusuhan, penipuan yang marak melalui handphone," ucapnya.

Untuk menanggulangi tawuran atau kerusuhan antar pelajar, Ridwan Kamil meminta guru maupun murid untuk bersama – sama memperbaiki akhlak dengan tidak berkomentar hal yang tak baik di media sosial.

"Akhlak, bicaralah yang baik atau diam. Kenapa Allah SWT menciptakan satu mulut, dua telinga agar kita banyak mendengar," imbunya.

"Karena lebih baik banyak mendengar, bicara secukupnya. Itulah ciri orang pintar. Kalau pintar hidupnya bermanfaat dan memberikan kebahagiaan," tuturnya.