News  

Gerakan ASN Peduli Pekerja Rentan Didukung Oleh Pemkab Kendal

KabarJawa.com — Gerakan ASN Peduli Pekerja Rentan didukung Oleh Pemerintah Kabupaten Kendal, dengan mengeluarkan surat edaran bersangkutan dengan imbauan agar ASN ataupun non-ASN mengaver minimal satu orang, untuk didaftarkan ke BPJS Ketenagakerjaan bagi pekerja rentan, baik itu Pekerja Rumah Tangga, Keluarga dan Tetangganya di wilayah masing-masing.

Informasi tersebut disampaikan oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Kendal Sugiono Pada Sosialisasi Gerakan tersebut di Gedung Abdi Praja, Rabu (7/12).

Di informasikan bahwa pihaknya akan memberikan perhatian kepada Pekerja Rentan yang tidak Menerima Gaji, seperti Tukang Ojek, Becak, Nelayan, Petani, dan lainnya.

“Nantinya, Pemkab Kendal akan bekerja sama dengan Perusahaan agar bisa membatu mengaver Para Pekerja Rentan di wilayahnya masing-masing, dengan menggunakan CSR perusahaan,” tutur sekda.

Disampaikan oleh kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Semarang Pemuda Multanti bahwa Gerakan Peduli Pekerja Rentan adalah Rangka untuk mendukung Pelaksanaan Inpres Nomor 2 tahun 2021 dan Inpres Nomor 4 tahun 2022.

Dan juga disampaikan bahwa di Kabupaten Kendal ada sekitar 200 ribu Orang Pekerja Rentan, dan 54 ribu orang sudah terlindungi BPJS, sehingga masih ada sekitar 146 ribu orang pekerja Rentan yang belum terlindungi BPJS Ketenagakerjaan.

“Maka dengan adanya Regulasi dari Pemkab Kendal ini akan terus kami Sosialisasikan, dan akan melakukan Koordinasi dengan Instansi di Pemerintah Kabupaten Kendal, sehingga mulai Januari 2023 nanti, sudah bisa dilaksanakan dan manfaatnya bisa dirasakan oleh Para Pekerja Rentan Di Kabupaten Kendal,” pungkasnya.

Multanti Menyampaikan Apresiasinya terhadap Gerakan yang diperkenalkan oleh Pemkab Kendal. Karena Regulasi terkait hal tersebut baru di dikeluarkan oleh Pemerintah Kabupaten Kendal.

Oleh karena itu Multanti berharap, daerah lain di Jawa Tengah dapat mengikuti Pemkab Kendal, dan nantinya dapat menjadi gerakan yang masif agar seluruh Masyarakat Pekerja Rentan dapat terlindungi BPJS Ketenagakerjaan.