News  

Bupati Sukoharjo Buka Expo Polokarto Tumoto 2022

KabarJawa.com — Bupati Sukoharjo Etik Suryani membuka Expo Polokarto Tumoto 2022, dan Penyerahan Bantuan Sosial RTM Alokasi Surplus UPK PNPM Mandiri Pedesaan. Kegiatan dilakukan di kompleks Kantor Kecamatan Polokarto, Sabtu (28/5).

Menurutnya, sasaran pembangunan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020-2024 adalah mewujudkan masyarakat Indonesia yang mandiri, maju, adil, dan makmur, melalui percepatan pembangunan di berbagai bidang.

Pembangunan diharapkan berlandaskan pada keunggulan kompetitif di berbagai wilayah, yang didukung oleh SDM berkualitas dan berdaya saing.

Ia menjelaskan, salah satu strategi penurunan kemiskinan yang penting selain mengurangi beban pengeluaran dengan meningkatkan pendapatan, seperti peningkatan akses permodalan, peningkatan kualitas produk dan akses pemasaran, pengembangan keterampilan dan layanan usaha serta pengembangan kewirausahaan, kemitraan, dan keperantaraan.

“PNPM Mandiri pedesaan merupakan salah satu program penanggulangan kemiskinan yang berbasis pemberdayaan masyarakat,” jelasnya.

Ditambahkan, PNPM Mandiri dilaksanakan melalui harmonisasi dan pengembangan sistem serta mekanisme dan prosedur program, penyediaan pendampingan dan pendanaan stimulant, untuk mendorong prakarsa dan inovasi masyarakat dalam upaya penanggulangan kemiskinan.

Melalui pemberdayaan masyarakat, ujar Etik, diharapkan mampu meningkatkan kapasitas masyarakat, baik individu maupun kelompok, dalam memecahkan berbagai persoalan terkait upaya peningkatan kualitas hidup, kemandirian, dan kesejahteraannya.

“Saya berpesan pada pengurus BKAD, pengurus UPK dan seluruh pelaku PNPM Mandiri Perdesaan Kecamatan Polokarto untuk terus melestarikan program ini, sehingga menjadi tujuan dari PNPM mandiri Perdesaan dapat tercapat dengan baik,” bebernya.

Dalam kesempatan itu, bupati secara simbolis menyerahkan bantuan sosial bagi Rumah Tangga Miskin (RTM) alokasi surplus UPK tahun 2022 sebanyak 60 RTM. Selain itu, bantuan modal usaha juga diberikan pada sejumlah penerima.

Sementara itu, Camat Polokarto Heri Mulyadi menyampaikan, potensi desa di Kecamatan Polokarto selama ini dipromosikan melalui website yang terkoneksi dengan media sosial, sehingga bisa dilihat secara luas.

Menurutnya, potensi di Polokarto harus bisa dioptimalkan karena sangat besar. Expo yang dilaksanakan kali ini jadi kebanggan masyarakat Polokarto setelah sempat terhenti karena pandemi.

“Selain kegiatan expo, acara juga akan diisi banyak kegiatan hingga 29 Mei seperti pagelaran potensi desa, Lomba UP2K, workshop pembuatan eco enzim, dan lomba mewarnai anak TK se-Kecamatan Polokarto,” ujarnya.