News  

Bupati kudus Membuka Perhelatan Kudus Festival 2022

 

KabarJawa.com — Bupati Kudus Hartopo membuka perhelatan Kudus Festival 2022, di Museum Satria Mandala, Jakarta Selatan.

Ia mengaku haru dan bahagia karena aacara yang kali pertama digelar, mampu menyedot animo warga Kudus di Jabodetabek.

“Jujur, saya haru sekaligus bahagia bisa bertemu panjenengan semua. Apa kabar warga Kudus? Semoga sehat dan tetap semangat di perantauan. Jangan sampai lupakan Kudus, ya,” ucapnya, Senin (23/5).

Dengan mengusung tema Kudus  Kota Empat Negeri, Bupati berharap Kudus Festival 2022 dapat membangkitkan semangat toleransi warga Kudus yang berbeda etnis, agar tetap guyub.

“Semangat guyub ini perlu kita jadikan sebagai nafas persatuan, baik di Kudus maupun di perantauan, supaya nama Kudus semakin masyhur,” harapnya.

Tidak hanya itu, ia juga menyampaikan apresiasi kepada Forum Komunikasi Masyarakat Kudus (FKMK), yang memboyong kuliner khas Kudus, seperti lentog, sate kebo, soto Kudus, garang asem, sego pindang, sego jangkrik, dan kopi muria. Tak ketinggalan, beragam produk UMKM dan kebudayaan khas Kudus, seperti wayang klithik, kirab jenang, tari kretek, dan barongan turut ditampilkan.

Menurutnya, hal tersebut merupakan wujud dukungan nyata terhadap kebangkitan ekonomi warga masyarakat Kudus.

“Budayanya dan UMKM juga dipamerkan. Ini bisa jadi sarana gratis promosi Kudus,” bebernya.

Sementara, Ketua Forum Komunikasi Masyarakat Kudus (FKMK) Marsekal Madya TNI (Purn) Eris Herryanto menyebut, Kudus Festival merupakan sarana berkumpul, bernostalgia, melepas kerinduan akan Kota Kretek. Utamanya, nuansa kebudayaan dan kuliner khas Kudus.

“Semua itu agar warga Kudus di Jabodetabek dan sekitarnya bisa melepas rindu akan kota tercinta. Maka, kita boyong semua itu,” ucapnya.