News  

Bawaslu Banjarnegara Rekrut 18 Calon Panwascam untuk Pilkada

Panitia saat berbincang dengan salah satu pendaftar untuk posisi panwascam. Bawaslu Kabupaten Banjarnegara masih membuka pendaftaran calon anggota Panwascam Pilkada Banjarnegara hingga pukul 23.59 WIB malam nanti. (Foto: Maula/Serayunews)

KabarJawa.com — Dalam persiapan menyongsong Pilkada serentak 2024 di Kabupaten Banjarnegara, Bawaslu Kabupaten Banjarnegara memutuskan untuk merekrut 18 calon anggota Panwas Kecamatan (Panwascam), yang akan disebar di 14 kecamatan.

Jumlah tersebut disesuaikan dengan hasil evaluasi Panwascam pada pemilu serentak 2024 sebelumnya. Dari 60 Panwascam pada pemilu serentak Februari lalu, 42 orang dinyatakan layak untuk melanjutkan tugasnya, sementara 18 orang lainnya tidak dilanjutkan dengan pertimbangan kinerja dan aturan lain.

Dikutip dari Serayunews.com, Pengumuman pendaftaran baru diikuti oleh 24 orang, namun masih ada kekosongan untuk 14 kecamatan yang memerlukan anggota Panwascam. Rekrutmen baru ini hanya terbuka bagi individu baru, sesuai dengan regulasi yang melarang Panwascam yang tidak lolos untuk mendaftar kembali.

14 kecamatan yang akan mengikuti seleksi ulang ini antara lain Banjarmangu 1 orang, Batur 1, Bawang 2, Kalibening 2, Karangkobar 1, Pagedongan 1, Pagentan 1, Purwareja Klampok 1, Pandanaraum 1, Purwanegara 1, Pejawaran 2, Susukan 1, Wanayasa 1, dan Sigaluh 2.

Meskipun ada satu kecamatan yang masih kosong, Bawaslu tetap optimis dapat mengisi kekosongan tersebut. Jika tidak ada pendaftar tambahan, pendaftaran akan diperpanjang hingga 11 Mei. Pengumuman hasil seleksi administrasi direncanakan pada 12 Mei mendatang.

Proses rekrutmen ini dilakukan dalam rangka persiapan Pilkada Banjarnegara 2024, di mana Bawaslu dan timnya bertanggung jawab atas pengawasan proses tersebut. Pemungutan suara dijadwalkan pada 27 November 2024, di mana pemilih di Banjarnegara juga akan memilih calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah.