News  

Arus Mudik dan Balik 2023 di Kabupaten Malang Aman dan Lancar

KabarJawa.com — Arus mudik 2023 di Kabupaten Malang terpantau aman dan lancar. Tingginya volume kendaraan dengan mobilitas pengguna jalan yang melonjak, nyaris tidak ada kejadian menonjol seperti kecelakaan lalu-lintas yang menimbulkan korban jiwa.

“Alhamdulillah, pelaksanaan pengamanan Arus Mudik 2023 berjalan aman, landai, lancar dan nyaman. Semua berjalan dengan baik selama pengamanan Libur Lebaran dan Operasi Ketupat Semeru 2023 di Kabupaten Malang ini,” ungkap Kapolres Malang AKBP Putu Kholis Aryana, Jumat (28/04).

Dikutip dari laman resmi Berita Jatim, Kepala Satuan Lalu-Lintas Polres Malang AKP Agnis Juwita Manurung, menjelaskan puncak arus mudik dan arus balik di hari H+5 kemarin.

“Alhamdulillah semua berjalan lancar. Puncaknya arus mudik pada hari Minggu (24/04) dan Senin (25/04) kemarin. Tapi makin kesini makin berkurang kendaraan yang masuk wilayah Kabupaten Malang. Dan ramainya saat ini hanya penduduk lokal saja. Seperti di Karanglo, Karangploso, penduduk lokal,” tegas Agnis.

Menurut Agnis, untuk mobilitas dengan plat kendaraan dari luar kota semakin berkurang. Namun situasi tetap masih ramai.

“Jadi ini kita perkirakan masih ada weekend lagi Minggu (30/4/2023) lusa, hari libur yang digunakan untuk wisata terutama ke Kota Batu pada hari ini sampai Minggu lusa,” ucapnya.

Tambahnya, untuk jumlah kecelakaan lalu-lintas (Laka Lantas), terjadi peningkatan yang tidak terlalu signifikan.

“Peningkatan lakalantas ada, tapi tidak signifikan ya, karena mobilitas kendaraan sangar tinggi. Namun korban fatalitas akibat kecelakaan juga menurun drastis. Operasi Ketupat tahun lalu terjadi 19 lakalantas, kalau tahun ini hanya 23 kejadian, itu pun tidak ada fatalitas,” Ungkap Agnis.

Agnis juga menyampaikan, hanya ada satu pengguna jalan di jalur mudik yang menjadi korban lakalantas.

“Korban lakalantas yang benar benar pemudik hanya satu orang saja, itu terjadi di jalur Malang menuju Blitar. Kebanyakan jalur pemudik di Kabupaten Malang cukup aman, kalaupun terjadi lakalantas tidak terlalu fatalitas dan itu dialami penduduk lokal saja yang terlibat kecelakaan lalu lintas,” tutupnya.