Berburu dan Menikmati Bakso Rawon Sidoarjo

Bakso Rawon
Bakso Rawon (Foto:EndeusTV)

KabarJawa.com – Menyongsong musim hujan, nikmatilah sajian yang hangat dan berkuah untuk menghangatkan tubuh. Salah satu pilihan kudapan lezat di tengah cuaca dingin adalah bakso. Di Sidoarjo, terdapat bakso rawon yang patut dicicipi, khususnya ketika hujan turun.

Kedai Bakso Gede 5758 di Desa Tenggulunan, Kecamatan Candi, Sidoarjo, menjadi tempat yang menawarkan pengalaman unik dalam menikmati bakso rawon. Bakso dan rawon, dua hidangan berkuah yang terpisah, disajikan menjadi satu mangkuk yang memanjakan lidah.

Melinda, pemilik kedai, bercerita bahwa inovasi bakso rawon ini diperkenalkan sejak tahun 2010. “Awalnya kami berjualan bakso biasa, namun sejak 2010, kami mencoba bakso rawon. Eh, inovasi ini ternyata sangat disukai pelanggan kami,” ungkap Melinda pada Rabu, 10 Januari 2024.

Makanan lezat ini menggabungkan kuah rawon yang kental dengan sejumlah bakso, menggantikan potongan daging sapi seperti pada rawon biasa. Tambahan tauge sebagai pelengkap saat menyantap nasi rawon semakin membuat hidangan ini istimewa.

Dalam sehari, Kedai Bakso Gede 5758 mampu menjual ratusan porsi bakso rawon. Melinda menyebutkan, “Jenisnya ada dua, yang pakai pentol biasa dan pentol isi telur ayam. Harganya Rp 11 ribu untuk pentol telur ayam dan Rp 7 ribu untuk pentol biasa per porsi.”

Bakso rawon bukan hanya sekadar kuliner, tetapi telah menjadi pilihan favorit masyarakat, dari remaja hingga orang tua. Heny Sarita, seorang siswa berusia 17 tahun, mengakui hampir setiap minggu menikmati bakso rawon di kedai tersebut. “Saya sangat menggemari bakso rawon karena cita rasanya berbeda dibanding bakso biasa,” ujarnya.

Pilihan menu yang beragam, mulai dari bakso rawon hingga bakwan goreng, tahu, dan hidangan gorengan basah lainnya, membuat pengalaman bersantap semakin nikmat. Dengan tambahan cambah di atas kuah, hidangan ini semakin istimewa dan menyajikan sensasi yang unik.

Himawan, seorang warga Gedangan, mengungkapkan bahwa ia dan keluarganya senang menikmati bakso rawon bersama. “Rasanya jelas beda. Kita mencari sensasi yang lain, tapi cocok untuk lidah saya bersama anak dan istri,” kata Himawan.

Jadi, jika Anda berada di Sidoarjo dan ingin merasakan kelezatan unik bakso rawon, Kedai Bakso Gede 5758 bisa menjadi pilihan yang memuaskan selera Anda.