Hari Ketiga Imunisasi Polio Jawa Tengah Capai 57 Persen

KabarJawa.com — Imunisasi polio tahap 2 di Jawa Tengah sudah mencapai 57% pada hari ketiga (21 Februari 2024). Ini jauh di atas target semula dimana direncanan 40,7% untuk hari ketiga. Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah Yunita optimis imunisasi polio Jawa Tengah untuk  putaran kedua ini akan mencapai 100%.

Tidak hanya Pemilu yang mengenal putaran kedua, imunisasi polio justru wajib ada putaran kedua agar daya tahan tubuh anak makin kuat. Putaran pertama polio di Jawa Tengah sudah dilakukan pada pertengahan bulan Januari 2024 lalu, dan tercapai 100,5% .

Jumlah anak yang menjadi sasaran imunisasi polio di Jawa Tengah adalah 3,9 juta anak. Mereka berumur 0-7 tahun. Agar daya tahan makin baik, maka perlu diadakan imunisasi polio putaran kedua yang dimulai tanggal 19 Februari 2024 lalu.

Peluncuran Gerakan imunisasi polio putaran kedua dilakukan di Pekalongan dengan dihadiri Ketua TP PKK Jateng Shinta Nana Sudjana (19 Februari 2024). Dan saat peluncuran, anak-anak yang hadir pun antusias . “Mereka datang langsung duduk dan membuka mulutnya untuk mendapat imunisasi. Mereka menganggap ini acara yang ceria,”kata Kepala Kantor UNICEF Wilayah Jawa  Tubagus Arie Rukmantara saat media briefing pada Kamis, 22 Februari 2024.

Yunita menyebut beberapa langkah yang dilakukan Dinas Kesehatan Jawa Tengah. Pertama memperkuat komitmen pemerintah daerah tingkat kabupaten/kota. Kedua melakukan kolaborasi dengan organisasi kemasyarakatan, tokoh agama, dll.

Langkah ketiga melakukan monitoring dan membuka umpan balik dari Dinas-dinas kesehatan kabupaten/kota.  Dan Langkah keempat adalah melakukan diseminasi informasi soal imunisasi ini. Kempat langkah ini diyakini Yunita menjadi kunci sukses imunisasi polio di Jawa Tengah.

Imunisasi polio ini dilakukan setelah beberapa kasus polio muncul di beberapa provinsi di Indonesia. Sebenarnya pada tahun 2014 Indonesia sudah dinyatakan bebas polio. Namun tahun 2019 muncul di Papua. Kemudian muncul di Aceh dan terakhir di tahun 2023 muncul kasus polio di Jawa Tengah dan Jawa Timur.